Kamis, 03 November 2011

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Universitas
Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
logo
Didirikan 5 Juli 1959
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Motto Maju Mandiri Modern Terpercaya
Afiliasi Kementrian Pendidikan Nasional
Rektor Prof. Dr. Ir. Teguh Sudarto, MP.
Mahasiswa 8350
Lokasi Jl. Raya Rungkut Madya,Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Telepon 031 8706372
Julukan UPN Jatim
Situs web www.upnjatim.ac.id/ Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, disingkat UPN Veteran Jatim atau UPN VJT berlokasi di Surabaya merupakan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang berdiri sejak 5 Juli 1959. UPN Veteran Jawa Timur didirikan oleh para veteran pejuang perang kemerdekaan sebagai monumen hidup dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Dalam perkembangannya UPN Veteran Jawa Timur telah mengalami beberapa perubahan nama dan status.

Sejarah

  1. Periode 1959 - 1965 bernama Akademi Administrasi Perusahaan Veteran Cabang Surabaya.
  2. Pada tahun 1968 berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Veteran Cabang Jawa Timur.
  3. Periode 1976 - 1994 terjadi peralihan status PTPN Veteran Cabang Jawa Timur sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah pembinaan Departemen Pertahanan Keamanan RI.
  4. Pada tahun 1977 berubah nama menjadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Cabang Jawa Timur.
  5. Pada tahun 1995 berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan nama UPN Veteran Jawa Timur yang secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional di bawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI.
  6. Pada tahun 2007 UPN Veteran secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan yang secara fungsional di bawah pembinaan Kementrian Pertahanan RI.
  7. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan yang telah diraih, maka UPN Veteran Jawa Timur diproyeksikan oleh Kementrian Pertahanan untuk menjadi Perguruang Tinggi Negeri (PTN).

[sunting] Lokasi

Kampus UPN "Veteran" Jawa Timur berlokasi di Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Rungkut, Surabaya menempati lahan seluas kurang lebih 20 Ha.

[sunting] Fakultas dan Program Studi

UPN Veteran Jawa Timur hingga tahun 2011 memiliki 6 Fakultas dengan 17 Program Studi (Prodi) dan Program Pasca Sarjana (PPS) dengan 3 Program Studi yaitu :

  1. Fakultas Ekonomi
    1. Prodi Ilmu Ekonomi Pembangunan
    2. Prodi Akuntasnsi
    3. Prodi Manajemen
  2. Fakultas Pertanian
    1. Prodi Agroteknologi
    2. Prodi Agribisnis
  3. Fakultas Teknologi Industri
    1. Prodi Teknik Kimia
    2. Prodi Teknik Industri
    3. Prodi Teknologi Pangan
    4. Prodi Teknik Informatika
    5. Prodi Sistim Informasi
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    1. Prodi Admintrasi Negara
    2. Prodi Administrasi Bisnis
    3. Prodi Ilmu Komunikasi
  5. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
    1. Prodi Teknik Sipil
    2. Prodi Arsitektur
    3. Prodi Teknik Lingungan
  6. Fakultas Hukum
    1. Prodi Ilmu Hukum
  7. Program Pasca Sarjana
    1. Prodi Magister Manajemen Agribisnis
    2. Prodi Magister Manajemen
    3. Prodi Magister Akuntasnsi

[sunting] Dosen dan Mahasiswa

Jumlah Tenaga Pengajar Tetap di UPN "Veteran" Jawa Timur adalah 335 orang, Guru Besar : 11 orang, berpendidikan Doktor : 51 orang dan 95 % telah bergelar S-2 (Magister), 54 Dosen telah bersertifikat Dosen dari Kementrian Pendidikan Nasional. Berdasarkan Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional seluruh Program Studi telah memperoleh status terakreditasi A dan B.
Pada awal tahun akademik 2010/2011 jumlah mahasiswa yang terdaftar mencapai 8.500 orang, dan hingga akhir tahun 2010, UPN “Veteran” Jawa Timur telah meluluskan lebih 29.000 orang S-1 (Sarjana) dan kurang lebih 600 orang lulusan S-2 (Magister)

[sunting] Prestasi

  • Perguruan Tinggi Swata Berprestasi di bidang Tata Kelola, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Kemahasiswaan se Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.
  • Termasuk sebagai 58 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia pengimplentasi Penjaminan Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Indonesia.
  • Mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008 dan AIWA 2 di bidang Sistim Manajemen Mutu (Quality Management System).

[sunting] Fasilitas

  • Gedung Perpustakaan 4 lantai dengan koleksi buku text, buku referensi, jurnal ilmiah nasional dan internasional, majalah ilmiah, skripsi, thesis serta didukung dengan fasilitas Digilib dan Digital Repository
  • Unit Pelaksana Teknis Telekomunikasi Inforamtika (Telematika) dan Pusat Komputer sebagai penyedia server data base universitas serta layanan koneksi intranet, internet termasuk layanan hotspot (wifi) bagai Dosen dan Mahasiswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.
  • Pusat Bahasa yang menyediakan layanan perkuliahan dan kursus bahasa Inggris serta layanan kursus bahasa asing lain (Perancis, Mandarin dan Jerman) bagi Mahasiswa dan umum.
  • Poliklinik sebagai pusat layanan kesehatan bagi Dosen, Karyawan dan Mahasiswa.
  • Pusat Olah Raga (Sport Center) sebagai sarana pendukung kegiatan mahasiswa, yaitu kolam renang berstandart Olympic, lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan basket dan lapangan futsal dan lapangan bulu tangkis.
  • Gedung Serba Guna yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan ekstrakurukuler mahasiswa dalam bentuk pertandingan berbagai cabang olah raga, pertunjukan panggung seni, pameran, rapat terbuka Senat Universitas, seminar, wisuda sarjana serta acara keluarga.
  • Guest house kapasitas 10 kamar
  • Asrama untuk mahasiswa 4 lantai berkapasitas 400 orang, dilengkapi dengan balai pertemuan, ruang tamu dan lapangan parkir.
Gedung Serba Guna
Asrama Mahasiswa

[sunting] Badan Kelengkapan

  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penyelengaraan penelitian Dosen dan penerapan hasil penelitian dalam pengabdian kepada masyarakat bagi Dosen dan Mahasiswa.
  • Badan Penjaminan Mutu (BPM) sebagai lembaga yang menjamin mutu pendidikan dan pengajaran di seluruh jajaran Universitas dalam bentuk audit internal berkala dan peningkatan kemampuan Dosen di bidang akademik dan non-akademik.
  • International Dual Degree Program (IDDP) merupakan lembaga penyelenggara program kerjasama internasional dengan Help University Malaysia dalam bidang pendidikan sarjana program studi Teknik Informatika dan Ilmu Kominikasi. Dalam perkembangannya IDDP diproyeksikan menjadi Badan Kerjasama Internasional (International Affair).

[sunting] Kerjasama

  • Kementrian Negara Pemuda dan Olah Raga dalam bidang pembangunan fasilitas olah raga kolam renang berstandart Olyimpic dalam upaya meningkatkan prestasi olah raga renang khususnya mahasiswa
  • Kementrian Negara Perumahan Rakyat dalam bidang peneyediaan asrama bagi mahasiswa kurang mampu dengan pembangunan Rumah Susun untuk Asrama Mahasiswa.
  • Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal kerjasama dalam bidang pengentasan kemiskinan dengan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) di beberapa desa tertinggal di Indonesia serta pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Terpadu Kabupaten tertinggal di Jawa Timur.

[sunting] Prasarana Pendukung

Sistim Penerimaan Mahasiswa Baru
Sistim informasi pendaftaran calon mahasiswa baru tahun 2011 secara on-line.
Sistim Infomasi Administrasi Akademik
Sistim informasi administrasi akademik secara on-line bagi Dosen dan Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur.
Sistim Informasi Orangtua Mahasiswa
Sistim informasi bagi orangtua mahasiswa untuk mengetahui kegiatan para mahasiswa secara on-line.
Sistim Informasi Alumni
Sistim informasi alumni UPN "Veteran" Jawa Timur secara on-line.
e-learning upnjatim
Sistim informasi interaksi perkuliahan berbasis internet bagi mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur
gallery video upnjatim
Informasi audio-visual tentang aktifitas Dosen dan Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur.
peta lokasi kampus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar